Inspektur Kota Manado Hadiri Bimbingan dan Konsultasi Reviu LKPD Tahun 2019 di Tomohon

Bersama dengan semua Inspektur Se-Sulawesi Utara, Inspektur Kota Manado, Atto R. M. Bulo, SH, MM, menghadiri Kegiatan Bimbingan dan Konsultasi LKPD Tahun 2019 bertempat di Grand Master Hotel, Tomohon dan diselenggarakan selama tiga (3) hari, mulai dari tanggal 5-7 Februari 2020.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Utara untuk meningkatkan akuntabilitas keuangan dan kinerja Pemerintah Daerah dan kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), mewajibkan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) melakukan reviu LKPD untuk memberikan keyakinan terbatas bahwa laporan keuangan telah diselenggarakan berdasarkan sistem pengendalian intern yang memadai dan SAPD, dan reviu LKPD telah dilaksanakan sebagaimana diamanatkan pada Surat Edaran Mendagri Nomor 900/795/B.3/IJ/2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Reviu atas LKPD berbasis Akrual. Karena itu Inspektorat wajib melakukan pengawalan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dari awal sampai akhir.
Kepala BPK menyampaikan bahwa bagi daerah/kota yang sudah berstatus WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) tidak boleh terdapat temuan ketekoran kas. Jadi Inspektorat mempunyai tugas penting untuk memastikan bahwa tidak terjadi penyimpangan dalam pengelolaan dan pencatatan kas di setiap OPD. Sehingga pada saat diuji secara vertikal dan horizontal tidak terjadi selisih kas/ kekurangan kas di bendahara pengeluaran. Untuk tindak lanjut temuan sangat diharapkan untuk segera mencapai 80 persen sudah bisa ditindaklanjuti.
Ditambahkan juga bahwa Inspektorat harus mengawal untuk dana kelurahan agar tidak terjadi penyimpangan dalam pengelolaannya. Agar pelaksanaan sudah sesuai peraturan yang berlaku. Untuk di desa sudah menggunakan simkudes. Sehingga mempermudah dalam pengelolaan keuangan dana desa.
Begitupun juga, Inspektorat agar mengawasi dalam pelaksanaan penerimaan dan seleksi CPNS agar tidak bermasalah dan tidak terjadi penyimpangan dalam pelaksanaannya.(inspektm)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *