Profil Inspektorat

Kedudukan

  1. Inspektorat merupakan unsur pengawas pemerintahan daerah Kota Manado sebagai penjabaran fungsi manajemen yakni controlling.
  2. Inspektorat dipimpin oleh inspektur yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada walikota dan secara teknis administratif mendapat pembinaan dari sekretaris daerah.

Tugas dan Fungsi

Inspektorat kota mempunyai tugas melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan urusan pemerintahan di daerah kota.

Inspektorat kota dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 menyelenggarakan fungsi :

  1. perencanaan program pengawasan;
  2. perumusan kebijakan dan fasilitasi pengawasan; dan
  3. pemeriksaan, pengusutan, pengujian dan penilaian tugas pengawasan.

Susunan Organisasi

Inspektorat terdiri dari :

  1. Inspektur.
  2. Sekretaris Inspektorat, membawahi :
    1. Subbagian Perencanaan;
    2. Subbagian Evaluasi dan Pelaporan; dan
    3. Subbagian Administrasi dan Umum.

  1. Inspektur Pembantu Wilayah.
  2. Kelompok Jabatan Fungsional.

Tata Kerja

  1. Dalam melaksanakan tugas setiap pimpinan unit organisasi dan kelompok tenaga fungsional wajib menerapkan prinsip koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi baik dalam lingkungan masing-masing maupun antar satuan organisasi di lingkungan pemerintah daerah serta dengan instansi lain di luar pemerintah daerah sesuai dengan tugas masing-masing.

  2. Setiap pimpinan satuan organisasi wajib mengawasi bawahannya masing-masing dan bila terjadi penyimpangan agar mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

  3. Setiap pimpinan satuan organisasi bertanggungjawab memimpin dan mengkoordinasikan bawahannya masing-masing dan memberikan bimbingan serta petunjuk bagi pelaksanaan tugas bawahannya.

  4. Setiap pimpinan satuan organisasi bertanggungjawab mengikuti dan mematuhi petunjuk dan bertanggungjawab kepada atasan masing-masing dan menyiapkan laporan berkala tepat pada waktunya.
  5. Setiap laporan yang diterima oleh pimpinan satuan organisasi dari bawahannya wajib diolah dan dipergunakan sebagai bahan untuk penyusunan laporan lebih lanjut dan untuk memberikan petunjuk kepada bawahan.